Welcome to http://laskarkristus.blogspot.com/
go to my homepage
Go to homepage
Bagaimana saya menerima pengampunan dari Tuhan? Klik di Sini
Hidup Kekal? Klik di sini
"Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas." (Mat 7:15)
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. (Efesus 2:8-9) Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.(Roma 10:9)
Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. (Roma 5:8)
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. (Roma 6:23) Allah ... yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan. (1 Petrus 1:3) Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yohanes 3:16)

Ingin Berlangganan Artikel Ini? Masukan email Anda:

Delivered by FeedBurner

Sabtu, 30 April 2011

Kekayaan Iman: Kristen Protestan bersama Katolik

Salib
Sumber: http://alfiansyah-go.blogspot.com/2009/03/perbedaan-antara-kristen-protestan-dan.html
Protestan adalah sebuah mazhab dalam agama Kristen. Mazhab atau denominasi ini muncul setelah protes Martin Luther pada tahun 1517 dengan 95 dalil nya.

Kata Protestan sendiri diaplikasikan kepada umat Kristen yang menolak ajaran maupun otoritas Gereja Katolik.

Pada kenyataannya, gerakan Reformasi (Pembaruan) yang dilakukan Martin Luther bukanlah yang pertama kali terjadi di kalangan Gereja Katolik, sebab sebelumnya sudah ada gerakan-gerakan serupa seperti yang terjadi di Prancis yang dipimpin oleh Peter Waldo (dan kini para pengikutnya tergabung dalam Gereja Waldensis) pada pertengahan abad ke-12, dan di Bohemia (kini termasuk Ceko) di bawah pimpinan Yohanes Hus (1369-1415). Gereja Waldensis banyak terdapat di Italia dan negara-negara yang mempunyai banyak imigran dari Italia, seperti Uruguay. Sementara para pengikut Yohanes Hus di Bohemia kemudian bergabung dengan Gereja Calvinis.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara Gereja Katolik dengan Protestan :
1. Dalam hubungannya dengan penafsiran Kitab Suci, Protestan menganut paham 'sola scriptura' yang artinya 'hanya Kitab Suci', sementara Gereja Katolik selain menganut 'sola scriptura' juga menganut 'sola gratia' yang artinya 'hanya rahmat'. Jadi dalam Protestan setiap orang berhak menafsirkan Kitab Suci sesuai dengan pemahamannya sendiri, sedangkan dalam Gereja Katolik Kitab Suci hanya dapat ditafsirkan secara resmi oleh orang-orang yang mendapat 'rahmat' untuk itu (pertama dari Bapa Paus, diturunkan pada Kardinal, Uskup, Pastur, dst). Maka dari itu untuk membedakan buku terbitan Protestan dan Katolik, dapat dilihat apakah ada tulisan
'Nihil Obstat' dan 'Imprimatur'. Kalau ada berarti buku itu adalah terbitan Katolik yang telah disahkan kebenarannya oleh yang berwenang.
2. Gereja Katolik didirikan di atas dasar 'PETRUS', batu karang yang teguh, sebagaimana tertulis dalam kitab Matius 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya."
Maka dari itu dalam Gereja Katolik ada Bapa Paus, sebagai penerus dari St. Petrus. Sedangkan Gereja Protestan menyatakan bahwa gereja didirikan di atas dasar Kristus sendiri.
3. Dalam Gereja Protestan setahu saya hanya ada dua sakramen yakni sakramen Baptis dan sakramen Pernikahan. Sedangkan dalam Gereja Katolik seperti yang kita ketahui ada tujuh sakramen, antara lain sakramen Baptis, Krisma, Tobat, Ekaristi, Imamat, Pernikahan, dan sakramen Pengurapan Orang Sakit.
4. Gereja Katolik merupakan persekutuan para kudus, sehingga umat dapat berdevosi kepada para santa/santo, asalkan devosi itu pada akhirnya tetap mengantarkan umat kepada Allah Tritunggal sendiri. Gereja Protestan menolak ajaran ini.
5. Dalam Gereja Protestan, satu-satunya sumber kebenaran adalah Kitab Suci, sedangkan Gereja Katolik juga mengakui Tradisi Suci sebagai sumber kebenaran di samping Kitab Suci sendiri.
6. Salib pada Gereja Protestan tidak ada Corpus Christi/Tubuh Kristus.

Namun demikian, janganlah kita jadikan ini perpecahan di dalam tubuh Kristus. Karena sesungguhnya semua itu adalah iman. Iman yang diberikan Allah sendiri bukan dari hasil pekerjaan kita. Inilah kekayaan Kristiani. Ingatlah, yang paling penting dari ajaran Kristus adalah Kasih.

0 kata orang:


Free Music | Free Christmas songs at EZ-Tracks.com